Sejarah dibentuknya Neoalgae berangkat dari keresahan membanjirnya produk impor Spirulina yang memiliki berbagai macam kualitas yang tidak jelas namun kebutuhan akan suplemen dalam negeri cenderung besar. Selama ini produk Spirulina yang beredar di pasaran cenderung berbau amis dengan kadar phycocyanin rendah, dan kadar garam yang tinggi.

Berangkat dari latar belakang tersebut, maka pada Juli 2012, tim dari Neoalgae mulaI menjalin kerja sama dengan pusat riset C-BIORE (center of biomass and renewable energy) UNDIP untuk intensif melakukan riset tentang Spirulina platensis yang dapat dikembangkan dalam air yang memiliki kadar garam rendah dan sesuai kondisi lingkungan yang jauh dari laut atau danau.

Pada akhir tahun 2012, Neoalgae telah berhasil membuat mini plant Spirulina platensis dengan luas lahan sebesar 400 meter persegi, kapasitas 30-40kg/bulan berat kering. Neoalgae Spirulina memiliki ciri khas produk berprotein, betakaroten tinggi dan berphycocyanin tinggi, dengan kadar garam dan logam berat yang rendah. Sambutan pasar mengenai produk awal Neoalgae Spirulina cenderung positif sehingga di awal tahun 2014, Neoalgae mulai melakukan ekspansi lahan sebesar 5000 meter persegi dengan kapasitas awal sebesar 200-400kg/bulan, dan akan terus berkembang sesuai kebutuhan pasar. Dan saat ini menjelang akhir tahun 2014, Neoalgae sudah memiliki kapasitas produksi 600 – 800 kg/bln.

Neoalgae Spirulina peduli dengan kesehatan bangsa Indonesia, karena Neoalgae yakin bahwa kemajuan suatu bangsa juga dipengaruhi oleh kualitas SDM yang sehat dan cerdas. Oleh karena itu, produk Neoalgae Spirulina akan terus berkembang guna mendukung kesejahteraan rakyat lewat berbagai produk yang berfokus pada pangan seperti pangan fungsional dan pangan suplemen dengan orientasi produk herbal yang ramah lingkungan dan kembali ke alam (back to nature).

PROFIL PERUSAHAAN

Head Office

Sukoharjo

Jalan Slamet Riyadi No, 20, Sukoharjo
Kp Balesari Rt 001\Rw 05. Gayam, Sukoharjo

Sukoharjo, Central Java-Indonesia

Tel. +62271 5991334

Gresik

Jalan Panglima Sudirman No 103, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

Production Plant Field Sentul

Dusun Sentul, Desa Pundungrejo, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo – Central Java

Production Plant Field Payaman

Dukuh Payaman, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo

Central Java

Production Downstream (size reduction)

Jalan Veterantama No. 1

Gresik – East Java

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

Visi “ To be a Dominant Microalgae producer in Indonesia 2015 and To be become a largest derivate Microalgae producer in 2017  ”

 Misi “Provide best nutriton and health product for Indonesian People