Sejak ribuan tahun lalu, manfaat minyak zaitun sudah dipercaya sebagai obat-obatan alami karena khasiatnya yang teruji mulai dari ujung kaki hingga rambut. Selain warnanya yang bening keemasan, manfaat minyak zaitun bagi perawatan kecantikan membuat bangsa Yunani Kuno menyebut minyak zaitun sebagai ‘emas cair’.

Berikut 6 manfaat minyak zaitun untuk wajah yang harus Anda ketahui:

  • Jika kamu memiliki rambut yang kasar, kusam, dan kering, minyak zaitun dipercaya mampu mengatasai setiap masalah rambut tersebut, lho. Kok bisa? Rupanya,kandungan asam lemak dalam minyak zaitun dapat membantu tubuh mengembalikan kilau dan kelembapan rambut. Maka itu, tak heran bila para wanita Yunani dan Timur Tengah dikenal memiliki rambut yang lebat nan indah? Jelas saja, karena mereka rajin mengoleskan minyak buah asli daerah tersebut pada rambut mereka setiap harinya. kamu mau juga pasti, kan?

 

  • Sudah menjadi rahasia umum bahwa minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan senyawa anti-oksidan. Karenanya, tidak heran jika kemudian pemakaian minyak zaitun secara teratur dapat menangkal dampak buruk paparan radikal bebas, termasuk timbulnya keriput. Selain itu, minyak zaitun juga dikenal sebagai exfoliator alami. Kamu tahu, dong kalau menumpuknya sel kulit mati dapat memicu beberapa permasalahan kulit wajah, seperti jerawat dan kulit yang terlihat kusam? Untuk menghindarinya, Anda disarankan untuk mencoba menggunakan minyak zaitun sebagai exfoliator sehari-hari.

 

  • Selain sebagai pelengkap dalam semangkuk salad, minyak zaitun ternyata dapat dimanfaatkan untuk menjaga peredaran darah. Baru tahu, kan? Kamu pasti setuju, dong kalau tekanan darah tinggi menjadi ketakutan banyak orang karena dapat memicu pembuluh arteri yang pecah dan berujung pada kematian.Nah, minyak ini bisa meningkatkan elastisitas dari pembuluh arteri itu sendiri. Tak hanya itu, minyak zaitun dapat pula mengurangi kadarasam nitrit -perangsang naiknya tekanan darah pada penderita hipertensi- di dalam tubuh. Wow, hebat, bukan?

 

  • Sudah menjadi rahasia umum bahwa kanker merupakan salah satu penyumbang kematian terbanyak di dunia. Nah, ada sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan bidang nutrisi, Paul Breslin, David Foster, dan Onica LeGendre, menyebutkan kalau Extra Virgin Olive Oil (EVOO) ternyata dapat membunuh sel-sel kanker, lho. Bagaimana bisa? Hal ini bisa terjadi berkat suatu kandungan di dalamnya yang disebut oleocanthal. Nah, kandungan tersebut dapat memecahkan beberapa bagian dari sel-sel kanker sehingga enzim di dalamnya bisa terlepas. Enzim inilah yang kemudian menyebabkan kematian sel-sel kanker tersebut, tanpa membahayakan sel-sel sehat lainnya. Artinya, sel-sel kanker dibunuh oleh enzim mereka sendiri. Kalau begini, lebih aman, natural, dan minim efek samping, bukan?

Tidak lupa, minyak zaitun juga berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat dan melembabkan wajah secara alami, lho. Caranya, aplikasikan beberapa tetes minyak zaitun ke kulit wajah; lalu bersihkan dengan kapas. Ssst, cara ini juga dapat Anda praktikkan setelah menggunakan toner, lho!

Itulah sejumlah manfaat minyak zaitun yang sudah dipercaya sejak zaman dahulu dapat menjaga kecantikan tubuh. Selamat mencoba!